32 Warga Jepang Dilaporkan Tewas

Headline

Siaran televisi nasional Jepang, NHK, memberitakan setidaknya 32 orang tewas karena sapuan ombak. Beberapa lainnya hilang, sementara serbuan ombak yang memasuki kota dan menghempas kendaraan terus disiarkan.

Ombak dikabarkan masuk hingga 1,5 km, menyebabkan bandara terpaksa ditutup dan kereta peluru Shinkansen dihentikan. Lebih dari empat juta rumah diputus aliran listriknya oleh Tokyo Electric Power Co., PLN-nya Jepang.

Indonesia merupakan salah satu dari 20 negara yang diperingatkan bahaya tsunami, setelah Pacific Tsnumai Warning Center mengeluarkan pengumuman tersebut. Hal serupa juga dikeluarkan West Coast and Alaska Tsunami Warning Center untuk seluruh Pesisir Barat AS.

“Kerusakan besar terjadi di wilayah Tohoku,” demikian Perdana Menteri (PM) Naoto Kan, yang sedang bersidang bersama parlemen saat terjadi gempa, pukul 14.46 waktu setempat. Gempa ini merupakan yang terkuat selama lebih dari enam tahun terakhir.

Titik pusat gempa 8,9 SR itu berada 130 km lepas Pantai Sendai, Tokyo Utara, pada kedalaman 24 km. Gempa susulan pertama dilaporkan terjadi pada pukul 16.45, dengan kekuatan 7,1 SR.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: