Huruf Jawa

MENULIS HURUF JAWA DENGAN KOMPUTER

Dulu sewaktu saya sekolah SD dan SMP diajari nulis JAWA hanacaraka untuk nguri – nguri kabudayan jawa. Nggak pernah terbayang bahwa nulis aksara jawa itu pakai computer, alias pakai keyboard.

Beberapa bulan yg lalu saya browsing internet tentang nulis aksara jawa, dan ternyata ada suatu beberapa situs yg khusus mengelola aksara Jawa ini, diantaranya diasuh oleh Teguh Budi Sayoga asal Purwokerto : .

Website: http://hanacaraka.fateback.com ( situs resmi )

Dari beliau saya dapat informasi tentang tata cara penulisan aksara JAWA sbb :

1. Dowload dulu type font Hanacaraka

2. Dowload juga PDFpetunjuk penulisan Aksara JAWA

3. Install Font pada control panel, fonts , File dan Instal New Font atau copy type Font dan paste di folder Font

4. Baca secara seksama petunjuknya atau print dahulu petunjuknya kira kira 12 lembar

5. Cara pemakaian seperti biasa ketik biasa lalu ubah type font s menjadi hanacaraka.

Setelah itu kita siap menulis aksara JAWA, coba variasi variasi yg lain, Terimakasih pada Bpk Teguh Budi Sayoga atas artikel ini, sebenarnya saya ingin membantu melestarikan BUDAYA JAWA, karena kemampuan saya masih sedikit dan terbatas hanya publikasi yg sementara ini yang bisa saya lakukan. Salut Untuk Bpk Teguh di Purwokerto Matur Nuwun sanget.

(Huruf Jawa 1)
(Huruf Jawa 2)
(Huruf Jawa 3)
(Huruf Jawa 4)
(Huruf Jawa 5)

Tinggalkan Balasan

